Wednesday, June 7, 2023

 Ibnu Ishak menyebutkan bahwa ketika hendak menemui ajalnya, Adam as memberitahukan kepada putera-puterinya bahwasanya akan datang angin topan yang melanda umat manusia. Kemudian ia berwasiat kepada mereka agar mereka membawa jasadnya bersama mereka ke kapal dan menguburkannya di tempat yang telah ia tentukan.


Dan ketika angin topan datang, mereka membawa Adam ke kapal. Setelah berlabuh ke bumi maka Nuh as menyuruh anak-anaknya untuk membawa jasadnya ke tempat yang telah diwasiatkannya untuk dikuburkan. Maka anak-anak Nuh itu berkata, "Sesungguhnya di daerah itu tidak terdapat seorang pun manusia dan yang ada hanyalah binatang buas saja." Maka Nuh as tetap mendorong mereka untuk melakukan hal tersebut lalu mengatakan, "Sesungguhnya Adam akan mendoakan panjang umur bagi siapa yang mau menguburkannya,"

Maka mereka pun membawa jasad Adam ke tempat itu saat itu juga, tetapi jasadnya masih tetap bersama mereka sehingga Khidir yang menguburkannya, hingga akhirnya Allah Azza wa Jalla memenuhi janji-Nya, dimana Dia menghidupkan Khidir sampai waktu yang Dia kehendaki."

- Bab Kisah Khidir dan Ilyas as dalam Kisah Para Nabi karya Ibnu Katsir.

No comments:

Post a Comment