Tuesday, November 20, 2012

Memilih Untuk Buta


Ketika Sa’ad bin Abi Waqqash datang di Mekkah, dimana ia sudah tidak bisa melihat lagi, maka datanglah orang banyak kepadanya berbondong-bondong, setiap orang meminta dari Sa’ad bin Abi Waqqash supaya berdoa untuknya. Maka Sa’ad berdoa untuk si ini dan si ini. Dan adalah doanya terkabul.

Abdullah bin Sa’ib berkata, “Maka saya mendatangi Sa’ad bin Abi Waqqash dan saya waktu itu masih kecil. Maka saya memperkenalkan diri kepadanya dan ia mengenalku.
Ia bertanya kepadaku, “Kamu qari (ahli membaca Al Quran)-nya penduduk Makkah?”
Saya menjawab, “Ya”
Maka ia menerangkan suatu cerita. Sampai akhir cerita yang ia ceritakan, saya bertanya kepadanya. “Hai pamanku, kamu berdoa untuk manusia. Maka jikalau kamu berdoa untuk dirimu sendiri, niscaya dikembalikan oleh Allah penglihatanmu.”
Maka ia tersenyum dan berkata, “Hai anakku! Qadha (keputusan) Allah Yang Maha Suci untukku adalah lebih bagus dari penglihatanku.”

(Kitab Ihya Ulumuddin, Bab Mahabbah)

No comments:

Post a Comment