Saturday, March 30, 2013

Dzunnun Diajari Tentang Makna Tangisan


Dzunnun Al Mishri berkata, “Saya keluar suatu malam ke lembah Kan’an. Ketika saya naik ke atas lembah tiba-tiba datang sesosok hitam kepadaku dan ia membaca ayat,

“Dan jelaslah bagi mereka azab dari Allah yang belum pernah diperkirakan.”
(QS Az Zumar: 47)

Dan ia menangis.
Kemudian sesosok hitam itu mendekatiku, ternyata ia adalah seorang wanita berjubah hitam, ia bertanya, “Siapakah kamu?”
Maka saya menjawab, “Seorang laki-laki asing.”
Lalu wanita itu berkata, “Hai orang asing, apakah ada keasingan bersama Allah.”
Dzunnun terus berkata, “Maka saya menangis karena perkataannya.”
Kemudian wanita itu bertanya kepadaku, “Apa yang membuat kamu menangis?”
Maka saya menjawab, “Sungguh obat telah jatuh di atas hati yang luka.”
Wanita itu berkata, “Kalau kamu benar, maka mengapa kamu menangis.”
Maka saya menjawab, “Mudah-mudahan Allah merahmatimu, dan apakah orang benar itu tidak menangis?”
Wanita itu menjawab, “Tidak!”
Saya bertanya, “Mengapa demikian?”
Wanita itu menjawab, “Karena menangis itu kesenangan hati.”
Maka saya terdiam karena kagum terhadap perkataannya.[]

No comments:

Post a Comment