Saturday, March 30, 2013

Budak Wanita Yang Tidak Suka Dibebaskan


Sebagian orang-orang shaleh berkata, “Saya keluar pada suatu hari ke pasar dan bersamaku seorang budak wanita dari Habsyi, lalu saya menyuruhnya diam pada suatu tempat ke arah pasar dan berkata kepadanya, “Janganlah kamu meninggalkan tempat ini sehingga saya kembali kepadamu!”.  Kemudian saya pergi mendapatkan keperluanku di pasar dan ketika kembali saya tidak mendapatkannya di tempat.
Maka saya kembali ke rumah dalam keadaan marah kepadanya.

Ketika sang budak wanita itu melihat kemarahan pada wajahku, ia berkata “Wahai tuanku, janganlah tergesa-gesa menghukumku sesungguhnya engkau menempatkanku pada suatu tempat dimana saya tidak melihat padanya orang yang berzikir kepada Allah Ta’ala. Maka saya takut bahwa tempat itu akan ditenggelamkan.”

Maka saya kagum terhadap perkataannya dan berkata kepadanya, “Kamu mulai sekarang orang yang merdeka.”
Lalu ia berkata, “Alangkah buruknya hal yang kau perbuat. Jika saya melayanimu maka saya memperoleh dua pahala (Pen: Pahala melayani manusia dan Tuhan). Adapun sekarang, maka hilanglah dariku salah satu dari keduanya.”[]

No comments:

Post a Comment