Saturday, March 30, 2013

Petuah Seorang Tua


Ketika saya berjalan di suatu perjalanan, tiba-tiba saya tertarik untuk beristirahat di bawah sebuah pohon. Tiba-tiba seorang tua mendatangiku dan berkata, “Hai manusia! Bangunlah karena sesungguhnya kematian itu tidak mati!”
Kemudian ia pergi ke arah depan, lalu saya mengikutinya, lantas saya mendengar ia membaca ayat

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati”
(QS Ali Imran: 185)

Lalu saya berkata, “Dan apa yang terjadi sesudah kematian?”
Maka orang itu berkata, “Barangsiapa yang yakin dengan apa yang terjadi sesudah kematian, niscaya ia menyingsingkan kain kewaspadaan dan tidak ada baginya tempat di dunia.”
Kemudian orang itu berdoa, “Wahai Dzat yang bagi wajah-Nya bersungguh-sungguhlah semua wajah, putihkanlah wajahku dengan memandang kepada wajah-Mu dan penuhilah hatiku dengan kecintaan kepada-Mu, dan selamatkanlah saya dari kehinaan pencelaan besok di sisi-Mu. Sesungguhnya telah datang dariku rasa malu dengan-Mu dan telah tiba bagiku waktu kembali dari berpaling dari-Mu.”
Kemudian orang itu berkata, “Jikalau tidak ada kemurahan-Mu, niscaya tidak lapang bagiku ajalku dan jikalau tidak ada kemaafan-Mu, niscaya tidak terhampar pada apa yang di sisi-Mu akan cita-citaku.”
Kemudian ia berlalu dan meninggalkanku.[]

No comments:

Post a Comment