Friday, March 22, 2013

Tuntaskan Pekerjaanmu!


Seseorang pernah berdiri beserta Abu Ubaid At Tutsuri dan ia tengah membajak tanahnya setelah Ashar dari hari Arafah, lalu sebagian temannya dari wali Abdal melewatinya lantas membisikinya dengan sesuatu. Maka Abu Ubaid berkata, “Tidak.”
Lalu teman itu berjalan seperti awan yang mengusap bumi sehingga ia hilang dari mataku. Maka saya bertanya kepada Abu Ubaid, “Apa yang ia katakan kepadamu?”

Abu Ubaid menjawab, “Ia memintaku agar saya menunaikan haji bersamanya, lalu saya menjawab tidak.”
Abu Ubaid kemudian menjelaskan, “Saya tidak mempunyai niat menunaikan ibadah haji dan saya telah berniat bahwa saya akan menyempurnakan tanah ini pada sore hari, sehingga saya takut kalau saya mengerjakan haji maka saya akan menghadapi kutukan Allah Ta’ala karena saya memasukkan dalam sesuatu amal bagi Allah dengan sesuatu selain-Nya. Maka apa yang saya lakukan itu menurut saya lebih besar daripada tujuh puluh kali haji.”

No comments:

Post a Comment