Friday, April 19, 2013

Kamar-Kamar Surga


Jabir ra berkata, “Rasulullah saw bersabda kepada kami:
“Maukah aku ceritakan kepada kamu tentang kamar-kamar surga?”

Saya berkata, “Ya, wahai Rasulullah, mudah-mudahan Allah melimpahkan shalawat atas engkau, demi engkau saya korbankan ayah ibuku.”

Rasulullah saw bersabda:
“Sesungguhnya di dalam surga ada kamar-kamar dari jenis-jenis permata yang luarnya dapat dilihat dari dalamnya dan dalamnya dapat dilihat dari luarnya. Di dalamnya ada kenikmatan, kelezatan dan kesenangan yang mata tidak pernah melihat dan telinga tidak mendengar dan tidak ada goresan atas hati manusia.”

Jabir bertanya, “Wahai Rasulullah! Bagi siapakah kamar-kamar itu?”
Rasulullah saw bersabda:
“Bagi orang yang menyebarkan salam, memberi makan, mengekalkan puasa dan mengerjakan shalat malam, sedang manusia tidur.”

Jabir berkata, “Wahai Rasulullah! Siapa yang sanggup yang demikian itu?”
Rasulullah saw bersabda:
“Ummatku mampu yang demikian itu. Dan aku akan beritahukan kepadamu tentang yang demikian itu. Barangsiapa yang berjumpa dengan saudaranya, lalu ia mengucapkan salam kepadanya atau menjawab salam kepadanya, maka ia telah menyebarkan salam. Dan barangsiapa memberi makan kepada istrinya dan keluarganya sehingga mengenyangkan mereka, maka ia telah memberikan makanan. Dan barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dan dari setiap bulan tiga hari, maka ia telah mengekalkan puasa dan barangsiapa shalat Isya yang akhir dan mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah, maka ia telah mengerjakan shalat malam, sedang manusia tidur.”
Maksudnya orang Yahudi, Nasrani dan Majusi.

(HR Abu Nu’aim)

No comments:

Post a Comment